Listen My Music

Senin, 04 Mei 2009

Cigemblong Daerah Terpencil yang Cukup Indah


Kecamatan Cigemblong terletak di tengah Kabupaten Lebak, jarak yang diperlukan untuk sampai di Kecamatan Cigemblong dari Rangkasbitung melalui Gunungkencana sepanjang 120 Km dengan waktu tempuh menggunakan kendaraan bermotor lebih kurang 4.5 jam perjalanan.
Cigemblong adalah kecamatan baru hasil pemekaran dari Kecamatan Cijaku. Program PNPM-MP bagi sebagian besar masyarakat Cigemblong bukanlah hal yang aneh dan bukan program yang baru meskipun kecamatan mereka terbilang baru lahir, karena sejak tahun 1999 telah berpartisipasi dalam Program PPK ketika masih bergabung dalam Kecamatan Cijaku.
Setelah Kecamatan Cijaku dimekarkan dan Cigemblong menjadi kecamatan yang berdiri sendiri, maka pada tahun 2009 ini Kecamatan Cigemblong menjadi daerah lokasi sasaran PNPM-MP terpisah dari Kecamatan Cijaku dengan alokasi dana Rp. 900.000.000 yang terdiri dari cost sharing APBN sebesar 720.000.000 dan APBD 180.000.000.
Untuk mencapai kantor Kecamatan Cigemblong dari kantor kecamatan Cijaku harus ditempuh selama 1 jam, walaupun jarak empuh sebenarnya hanyalah 16 KM, tetapi karena jalan yang rusak cukup parah, maka waktu tempuhpun menjadi relatif lama.
Hampir semua desa di kecamatan Cigemblong merupakan desa yang sangat sulit untuk dijangkau, apalagi bila musim hujan. Diantara Desa-desa tersebut adalah Desa Cikate dan Desa Wangunjaya yang kondisi geografis dan infrastrukturnya paling parah, menurut penuturan warga, bila hendak ke desa tersebut harus menunggu musim hujan berhenti atau setidaknya bila terik matahari terus menerus menyinari bumi Cigemblong selama lima hari berturut.turut. Bila kita nekat berkunjung kesana selama musim hujan maka, motor ”nyungsep” adalah ganjaran yang harus diterima karena jalan menuju desa tersebut masih berupa batu dan tanah merah yang terkenal lengket serta medan yang terjal karena desa tersebut berada di dataran tinggi. Dari gambaran itu, bisa kita bayangkan seperti apa kondisi desa tersebut.
Tetapi dibalik semua kondisi alam yang kurang bersahabat tersebut, Cigemblong menyimpan sejuta potensi dan keindahan yang paling berharga, selain hawa yang sejuk serta pemandangan indah khas daerah dataran tinggi, adalah keramahan masyarakat serta budaya gotongroyongnya yang masih kental, kondisi itulah yang sudah jarang kita temui saat ini. Anda berminat untuk berkunjung ke Cigemblong? Kami tunggu

Comments :

0 komentar to “Cigemblong Daerah Terpencil yang Cukup Indah”

Blog Islami

PCMAV Youtube Downloader Gratis
Software Review DVD

WAKTU SHALAT RANGKASBITUNG

TARIKH HARI INI

PERUBAHAN TARIKH

Takwim
Hijrah memasuki hari baru selepas masuk waktu maghrib. Tarikh
Masehi di bawahnya masih kekal berubah selepas jam 12 malam.

TENTANG PNPM-MP

BLOG STAT'S

Blog Archive

 

Copyright © 2009 by PNPM-MP KECAMATAN CIGEMBLONG